Tema

Adapun tema seminar yang akan diselenggarakan adalah “Naskah dalam Kajian Antardisiplin pada Era 4.0”. Tema tersebut dibagi menjadi beberapa Subtema, di antaranya:

  • Naskah dan Kajian Agama

Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan naskah-naskah yang bersinggungan dengan berbagai tradisi keberagamaan yang terkandung di dalam naskah Nusantara, termasuk naskah yang selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah ritual keagamaan yang hadir di Nusantara.

  • Naskah dan Kajian Bahasa

Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan naskah-naskah yang bersinggungan dengan keragaman bahasa dan aksara dalam naskah Nusantara. Keberagaman bahasa dan aksara ini menjadi bukti bahwa tingkat literasi masyarakat Nusantara sesungguhnya sudah sangat tinggi sejak berabad-abad lamanya.

  • Naskah dan Kajian Sastra

Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan naskah sebagai wahana terpenting dalam mengekspresikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk karya sastra. Dalam proses berkarya terjadi transmisi pengetahuan secara tertulis dari generasi masa lalu ke generasi berikutnya hingga generasi masyarakat Nusantara hari ini.

  • Naskah dan Kajian Budaya

Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan naskah-naskah yang menjadi bukti telah terjadinya persentuhan dan dialog antara tradisi-tradisi budaya yang berbeda-beda. Naskah-naskah di Nusantara ini menunjukkan adanya akulturasi antara satu tradisi budaya dengan tradisi budaya lainnya.

  • Naskah dan Kajian Sejarah

Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan naskah-naskah yang berisi kandungan sejarah, baik sejarah lokal maupun sejarah nasional. Hal ini diperlukan untuk memperlihatkan bahwa naskah dapat digunakan sebagai salah satu sumber penulisan sejarah lokal dan nasional.