Latar Belakang

Naskah klasik menyimpan nilai-nilai kearifan dan pemikiran intelektual pada masa lalu. Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman hidup masyarakat Nusantara dalam berperilaku dan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat pada kehidupan beragama, berbahasa, bersastra, dan berbudaya. Selain itu, naskah klasik juga memberikan gambaran mengenai aspek kesejarahan pada masa lampau.

Berkaitan dengan hal di atas, perlu ada upaya untuk mengangkat nilai-nilai dan warisan intelektual yang terkandung dalam naskah-naskah klasik itu agar terbaca kembali oleh masyarakat luas masa kini. Nilai-nilai itu harus digalakkan dan disebarluaskan kepada masyarakat luas, terutama generasi milenial, untuk  menguatkan identitas bangsa Indonesia pada era 4.0.  

Hal ini perlu dilakukan dengan menggiatkan kajian naskah dalam berbagai disiplin ilmu, antara lain: agama, bahasa, sastra, budaya, dan sejarah. Sehubungan dengan alasan di atas, kiranya perlu dilaksanakan Seminar Nasional Naskah Nusantara untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Di dalam seminar ini akan diluncurkan buku karya Mahaguru Filologi, Prof. Dr. Achadiati, yang berjudul Pengantar Penelitian Filologi. Selain itu, akan ditampilkan pula demonstrasi pembuatan daluwang dan penulisan di atas lontar.